Indonesia Sapu Bersih Penghargaan Video 5 Menitan

Senin, 27 November 2017 - 08:30 WIB
Indonesia Sapu Bersih Penghargaan Video 5 Menitan
Indonesia Sapu Bersih Penghargaan Video 5 Menitan
A A A
SINGAPURA - Indonesia menang di seluruh kategori kompetisi regional “The 5-Min Video Challenge” yang berlangsung di Singapura, Rabu (22/11/2017) silam, melalui dua video pendek berjudul Chick-Chick dan Sowan.

Sebelumnya, kedua video tersebut memang terpilih menjadi pemenang kompetisi domestik “Telkomsel 5-Min Video Challenge: Season 2” dan mewakili Indonesia pada kompetisi regional untuk bertarung dengan video pemenang domestik lainnya dari Singapura, Thailand, Filipina, Australia, dan Gabon.

Chick-Chick yang disutradarai Kevin Anderson menjadi pilihan pertama juri dan diganjar dengan predikat Grand Winner yang berhadiah USD30.000 dan kamera Sony a7sii. Selain itu, Chick-Chick juga jadi runner-up People’s Choice Award yang berhadiah USD2.000, dan meraih Sony’s Emerging Talent Award yang berhadiah kamera Sony a7sii.

Adapun Sowan arahan sutradara Detian Rendra berhasil keluar sebagai Runner Up kompetisi ini, dan berhak menerima hadiah sebesar USD15.000 dan kamera Sony a6500. Selain itu, video yang mendapatkan voting publik terbanyak ini juga keluar menjadi juara pertama dalam People’s Choice Award yang berhadiah USD3.000.

Menurut Direktur Marketing Telkomsel Alistair Johnston, karya kedua pemenang memang luar biasa. Tapi, antusiasme dukungan dari masyarakat Indonesia untuk memilih video tersebut tidak kalah luar biasa. ”Sehingga keduanya menjadi dua video terfavorit di tingkat regional,” katanya.

Keberhasilan Indonesia tampil sebagai pemenang utama untuk kedua kalinya di kompetisi “The 5-Min Video Challenge” menunjukkan bahwa anak muda Indonesia memiliki talenta hebat di dunia film. ”Tahun ini pun menjadi amat spesial karena kontingen Indonesia dapat menyapu bersih seluruh kategori,” ungkapnya.

Alistair menyebut bahwa partisipasi Telkomsel di ajang kompetisi video pendek diharapkan dapat mengasah konsistensi karya anak muda dalam bentuk video karena sudah sesuai dengan gaya hidup digital.
Tahun ini juri “The 5-Min Video Challenge” adalah Aaron Lea (Australia), Serge Abessolo (Gabon), Joko Anwar (Indonesia), Quark Henares (Filipina), Eric Khoo (Singapura), dan Thitipong Kerdtongtawee (Thailand). Nama-nama besar di dunia perfilman, TV dan video content ini pada akhirnya sepakat untuk memilih Chick-chick dan Sowan sebagai yang terbaik mengungguli 10 peserta lainnya.

Chick-Chick bercerita tentang gadis kecil bernama Kara yang harus tinggal di rumah neneknya karena orangtuanya sedang bertengkar dan tidak berbicara satu sama lain. Di sana ia berteman dengan seekor ayam dan mencoba berkomunikasi dengan ayam tersebut dengan menggunakan telepon kaleng, yang menginspirasinya untuk mencoba memperbaiki hubungan kedua orangtuanya.

Sowan menghadirkan cerita pendek tentang seorang pria yang melakukan perjalanan dengan sepeda motor. Dalam perjalanannya, dia menemukan masalah di daerah setempat, di mana selama ini terjadi konflik antara petani, pengepul, dan penjual di pasar.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7487 seconds (0.1#10.140)